Sabtu, 23 April 2011

Ketika Hukum Allah Diabaikan


Al-Quran telah memaparkan bahwa orang-orang yang mengabaikan syariat Islam dan menerapkan hukum selain Allah swt akan mendapatkan berbagai bencana baik pada agama, dunia dan akhirat mereka.

A. Bencana Agama

Bencana pertama yang menimpa orang yang menerapkan hukum selain Allah swt adalah bencana pada agamanya. Orang yang berpaling dari agama Allah dengan berpaling dari hukum-Nya pada dasarnya telah menyerahkan agama mereka kepada aturan manusia yang serba lemah dan terbatas. Akibatnya mereka terjerembab pada kesesatan dan kemaksiatan; membuat mereka semakin jauh dari jalan Allah yang lurus serta mendapatkan berbagai bencana. Al-Quran telah mengisyaratkan beberapa bencana dalam aspek keagamaan yang akan menimpa mereka antara lain:

1. Dikeraskan Hatinya

Mengubah syariat atau berpaling dari syariat akan menjadikan hati seseorang menjadi keras. Allah telah memberikan pelajaran kepada kita bagaimana Ia memperlakukan orang-orang Yahudi telah berpaling dan mengubah firman-firman-Nya. Allah swt berfirman:

فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِيثَاقَهُمْ لَعَنَّاهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوبَهُمْ قَاسِيَةً يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَنْ مَوَاضِعِهِ وَنَسُوا حَظًّا مِمَّا ذُكِّرُوا بِهِ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلَى خَائِنَةٍ مِنْهُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْهُمْ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Karena mereka telah melanggar janji mereka maka kami melaknat mereka dan menjadikan hati mereka keras. Mereka telah merubah kalimat-kalimat dari asalnya dan melupakan bagian-bagian yang telah diingatkan kepada mereka. Engkau (Muhammad) akan selalu melihat pengkhianatan ada diri mereka kecuali sedikit dari mereka. Maka maafkanlah mereka dan biarkanlah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS: Al-Maidah [5]: 13)

Demikianlah sikap Allah pada orang-orang Yahudi yang telah melanggar janji mereka untuk mendengar dan taat kepada-Nya. Mereka bahkan memperlakukan ayat-ayat Allah dengan tidak patut; menakwilkan ayat-ayat Allah yang berbeda dari apa yang telah diturunkan; mengartikan selain dari yang dimaksud; mengatakan apa yang tidak dinyatakan dan tidak mengamalkannya karena benci kepadanya.

Orang-orang yang berpaling dari syariat Allah dan hanya mengikuti akal dan hawa nafsunya juga ditutup hati, pendengaran dan penglihatannya dari petunjuk. Dengan demikian mereka hidup dalam kesesatan. Allah swt berfirman:

أَفَرَأَيْتَ مَنِ اتَّخَذَ إِلَهَهُ هَوَاهُ وَأَضَلَّهُ اللَّهُ عَلَى عِلْمٍ وَخَتَمَ عَلَى سَمْعِهِ وَقَلْبِهِ وَجَعَلَ عَلَى بَصَرِهِ غِشَاوَةً فَمَنْ يَهْدِيهِ مِنْ بَعْدِ اللَّهِ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ

“Apakah engkau tidak melihat bagaimana orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhan dan Allah menyesatkan mereka atas dasar ilmu, menutup pendengaran mereka dan menjadikan penutup pada penglihatan mereka. Maka siapakah yang memberikan petunjuk kepada mereka selain Allah?. Maka tidakkah engkau mengambil pelajaran?” (QS. Al-Jatsiyah [45]: 2 3)

Di dalam al-Quran juga dijelaskan bahwa mengagungkan syiar dan syari’at-Nya merupakan sifat orang yang bertaqwa kepada Allah. Allah swt berfirman:

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah barangsiapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketaqwaan hati.” (QS. Al-Hajj [22]: 32)

Sebaliknya seseorang yang menentang syariah Allah, sombong dan berlaku sewenang-wenang atasnya hatinya akan dikunci oleh Allah swt. Jika demikian maka ia akan sulit untuk menemukan kebenaran. Allah swt berfirman:

الَّذِينَ يُجَادِلُونَ فِي آَيَاتِ اللَّهِ بِغَيْرِ سُلْطَانٍ أَتَاهُمْ كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ وَعِنْدَ الَّذِينَ آَمَنُوا كَذَلِكَ يَطْبَعُ اللَّهُ عَلَى كُلِّ قَلْبِ مُتَكَبِّرٍ جَبَّارٍ

“(yaitu) Orang-orang yang mendebat ayat-ayat Allah tanpa argumentasi yang datang kepada mereka. Amat besar kemurkaan (kepada mereka) di sisi Allah dan orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah menutup setiap hati orang-orang yang sombong.”(QS. Ghafir [40]: 35)

Allah swt juga telah memperingatkan ummat ini agar tidak merusak hati mereka akibat tidak memenuhi tuntutan syariah-Nya. Allah swt berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman penuhilah seruan Allah dan Rasul-Nya jika ia menyeru kalian pada sesuatu yang menghidupkan kalian. Dan ketahuilah sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya. Dan kepada-Nya lah kalian dikumpulkan.”(QS. Al-Anfal [8]: 24)

Dari ayat tersebut difahamai bahwa Allah swt akan menghalangi seseorang pada kekufuran jika seseorang taat pada syariat-Nya. Sebaliknya Ia akan menjauhkan seseorang dari keimanan jika membangkan terhadap syariat-Nya. Ini karena hanya Allah-lah yang menguasai hatinya.

2. Disesatkan dari Kebenaran

Mengikuti hawa nafsu dan mendahulukannya ketimbang mengikuti hukum Allah swt juga akan membuat seseorang menjadi tersesat dan jauh dari jalan kebenaran. Allah swt berfirman:

يَا دَاوُودُ إِنَّا جَعَلْنَاكَ خَلِيفَةً فِي الْأَرْضِ فَاحْكُمْ بَيْنَ النَّاسِ بِالْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ الْهَوَى فَيُضِلَّكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ إِنَّ الَّذِينَ يَضِلُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ بِمَا نَسُوا يَوْمَ الْحِسَابِ

“Wahai Daud sesungguhnya kami menjadikan engkau sebagai khalifah di bumi maka hukumilah manusia dengan kebenaran dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu sehinga ia menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah maka bagi mereka adalah azab yang pedih karena mereka telah melupakan hari Perhitungan.” (QS. Shad [38]: 26)

Allah swt telah memperingatkan Ahlu Kitab untuk tidak mengikuti hawa nafsu sebagian orang yang menyimpang dari kebenaran. Allah swt berfirman:

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ غَيْرَ الْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعُوا أَهْوَاءَ قَوْمٍ قَدْ ضَلُّوا مِنْ قَبْلُ وَأَضَلُّوا كَثِيرًا وَضَلُّوا عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ

“Katakanlah wahai Ahlu Kitab janganlah kalian berlebih-lebihan pada agama kalian dengan jalan yang tidak benar. Dan janganlah kalian mengikuti hawa nafsu kaum sebelumnya yang telah sesat dan menyesatkan banyak manusia serta telah sesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Maidah [5]: 77)

Sayangnya, Ahlu Kitab juga terjerembab dalam kesesatan akibat menjauhi syariat Allah yang diturunkan untuk mereka. Lebih dari itu setelah berada dalam kesesatan mereka pun tidak senang melihat ummat ini berada dalam petunjuk. Allah swt telah mengingatkan kaum muslim terhadap niat busuk mereka dengan firman-Nya:

وَدَّتْ طَائِفَةٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يُضِلُّونَكُمْ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ

“Sebagian dari Ahlu Kitab menginginkan untuk menyesatkan kalian. Namun mereka tidak menyesatkan kecuali diri mereka sendiri sementara mereka tidak menyadarinya.” (QS. Al-Maidah [3]: 69)

Ini merupakan peringatan bahwa sebagian Ahlu Kitab berupaya menyesatkan kaum muslim dengan menjauhkan mereka syariat-Nya. Oleh karena itu tidak ada jalan lain bagi ummat kecuali mengikuti ketetapan Allah dan Rasul-Nya dalam segala hal. Dengan demikian mereka tidak akan cenderung kepada kesesatan sebagaimana halnya Ahlu Kitab. Allah swt berfirman:

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا

“Dan tidaklah patut bagi mukmin laki-laki dan perempuan jika Allah dan Rasul-Nya menetapkan suatu urusan akan ada lagi mereka pilihan yang lain pada urusan mereka. dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya dia telah sesat yang senyata-nyatanya.”(QS. Al-Ahzab [33]: 36)

3. Diungkap Kemunafikan dan Skandalnya

Orang yang menyembunyikan kebencian pada syariat Allah menujukkan penyakit pada hati mereka. Namun demikian mereka berupaya agar kemunafikan tersebut tidak tersingkap. Sayangnya upaya mereka sia-sia karena Allah swt mengungkap hal tersebut justru melalui lisan-lisan mereka sendiri. Allah swt berfirman:

أَمْ حَسِبَ الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ أَنْ لَنْ يُخْرِجَ اللَّهُ أَضْغَانَهُمْ (29) وَلَوْ نَشَاءُ لَأَرَيْنَاكَهُمْ فَلَعَرَفْتَهُمْ بِسِيمَاهُمْ وَلَتَعْرِفَنَّهُمْ فِي لَحْنِ الْقَوْلِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ أَعْمَالَكُمْ (30)

“Apakah orang-orang yang ada penyakit dalam hati mereka mengira bahwa Allah tidak akan menampakkan kedengkian mereka? dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan tanda-tandanya. Dan kamu benar-benar akan mengenal mereka dari kiasan-kiasan perkataan mereka dan Allah mengetahui perbuatan-perbuatan kamu.” (QS. Muhammad [47]: 29-30)

Sebagaian dari mereka ada yang mengejek syariat Islam dengan mengatakan: “jika yang dikatakan oleh Muhammad itu benar maka niscaya kami tentu lebih buruk dari keledai.” Sebagian lagi berkata: “saya tidak melihat al-Quran kecuali merupakan lisan yang paling buruk bagi kami dan ketakutan dalam pertemuan.” Bahkan mereka secara tidak langsung telah menampakkan kemunafikan dan pelecehan mereka pada syariat sehingga mereka berkata: “lebih baik bagi saya mati dengan dipukul oleh 100 orang dari kalian daripada diturunkan al-Quran.” Tatkala hal tersebut disampaikan kepada Rasulullah saw, mereka pun datang untuk meminta keringanan dengan mengungkap berbagai alasan. Allah swt berfirman:

يَحْذَرُ الْمُنَافِقُونَ أَنْ تُنَزَّلَ عَلَيْهِمْ سُورَةٌ تُنَبِّئُهُمْ بِمَا فِي قُلُوبِهِمْ قُلِ اسْتَهْزِئُوا إِنَّ اللَّهَ مُخْرِجٌ مَا تَحْذَرُونَ (64) وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآَيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ (66)

“Orang-orang yang munafiq itu takut akan diturunkan terhadap mereka sesuatu surah yang menerangkan apa yang tersembunyi dalam hati mereka. Katakanlah kepada mereka: “teruskanlah ejekan-ejekanmu (terhadap Allah dan Rasul-Nya).” Sesungguhnya Allah akan menyatakan apa yang kamu takuti itu.”(QS. at-Taubah[9]:64-66)

Orang-orang Munafik tak henti-hentinya menentang apa yang diturunkan Allah swt. Oleh karena itu Allah swt senantiasa menimpakan berbagai musibah dan kejadian yang mengungkap berbagai kemunafikan mereka. Allah swt berfirman:

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا إِلَى مَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنْكَ صُدُودًا (61) فَكَيْفَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ ثُمَّ جَاءُوكَ يَحْلِفُونَ بِاللَّهِ إِنْ أَرَدْنَا إِلَّا إِحْسَانًا وَتَوْفِيقًا (62)

“Apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah tunduk pada apa yang telah diturunkan Allah dan Rasul,” maka engkau melihat orang-orang Munafiq menghalangi manusia dengan sekuat-kuatnya dari dari (mendekati) kamu. Maka bagaimanakah jika musibah menimpa mereka akibat apa yang mereka lakukan kemudian mereka datang kepadamu sambil bersumpah: “Demi Allah kami tidak menginginkan kecuali berbuat baik baik dan perdamaian.” (QS. An-Nisa [4]: 61-62)

Maksudnya adalah bagaimana keadaan mereka tatkala ditimpa berbagai musibah dengan mengungkap kemunafikan mereka atas apa yang mereka lakukan dalam masalah jinayat yakni berhukum kepada thagut dan berpaling untuk menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim.

4. Terhalang dari mendapatkan taufiq untuk bertaubat
Balasan yang paling mengerikan yang dapat menimpa seseorang yang mengabaikan hukum Allah di dunia adalah mereka terhalang mendapatkan taufiq untuk melakukan taubat. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari perbuatan mereka yang sangat buruk di sisi Allah.

Al-Quran telah menjelaskan bahwa diantara amal yang dapat menjadi sebab seseorang terhalang untuk melakukan taubat adalah menolak dan bahkan mengubah apa yang diturunkan Allah serta mempelakukan semaunya dengan mengambil dan menolaknya berdasarkan hawa nafsunya. Orang-orang kafir dari Ahli Kitab dan orang-orang Munafiq merupakan pentolan pelaku perbuatan keji tersebut. Oleh karena itulah Allah swt memperingatkan Rasul-Nya agar tidak bersedih atas perbuatan mereka itu.

يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ لَا يَحْزُنْكَ الَّذِينَ يُسَارِعُونَ فِي الْكُفْرِ مِنَ الَّذِينَ قَالُوا آَمَنَّا بِأَفْوَاهِهِمْ وَلَمْ تُؤْمِنْ قُلُوبُهُمْ وَمِنَ الَّذِينَ هَادُوا سَمَّاعُونَ لِلْكَذِبِ سَمَّاعُونَ لِقَوْمٍ آَخَرِينَ لَمْ يَأْتُوكَ يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ مِنْ بَعْدِ مَوَاضِعِهِ يَقُولُونَ إِنْ أُوتِيتُمْ هَذَا فَخُذُوهُ وَإِنْ لَمْ تُؤْتَوْهُ فَاحْذَرُوا وَمَنْ يُرِدِ اللَّهُ فِتْنَتَهُ فَلَنْ تَمْلِكَ لَهُ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا أُولَئِكَ الَّذِينَ لَمْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يُطَهِّرَ قُلُوبَهُمْ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ وَلَهُمْ فِي الْآَخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ (41)

“Wahai Rasul janganlah engkau bersedih atas orang-orang yang bersegera dalam kekufuran dari orang-orang yang berkata: kami beriman dengan mulut mulut-mulut mereka namun hati mereka tidak beriman; dan dari orang-orang Yahudi yang memperdengarkan kedustaan dan memperdengarkan terhadap kaum yang lain yang tidak datang kepada mereka. Mereka mengubah kalimat-kalimat dari tempatnya dimana mereka mengatakan jika engkau diberikan ini maka terimalah dan jika kalian tidak diberikan maka jauhilah. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah fitnah darinya maka ia tidak akan mendapatkan apa-apa dari Allah suatu apapun. Mereka itulah yang tidak dikehendaki Allah untuk disucikan hatinya. Bagi mereka didunia adalah kehinaan sementara di akhirat mereka akan mendapatkan azab yang pedih.” (QS. Al-Maidah [5] : 41)

Ibnu Katsir berkata: “ayat-ayat ini turun berkenaan dengan orang-orang yang bersegera melakukan kekufuran, tidak taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mendahulukan pendapat dan hawa nafsu mereka daripada syariat Allah swt.

Adapun maksud firman Allah: “kami beriman dengan lisan mereka namun hati mereka tidak beriman,” artinya mereka menampakkan keimanan dengan lisan mereka sementara hati mereka kosong dan bahkan menentangnya. Mereka itulah orang-orang munafiq yang merupakan musuh Islam dan pemeluknya. Mereka itulah yang menyimpang dari syariat dengan mengambil sebagian dan melakukan perubahan dengan mentakwilkannya maka mereka mendapatkan balasan yang sangat keras yang selaras dengan buruknya dosa mereka.

Sementara firman Allah: “mereka itulah yang tidak dikehendaki Allah untuk disucikan hatinya,” yakni Allah telah memastikan pada mereka bahwa mereka tidak akan bertaubat atas kesalahan mereka dengan menutup taufiq atas mereka sehingga mereka tidak kembali dari kekufuran mereka. mereka itulah yang dikehendaki Allah untuk membersihkan diri mereka dari kekufuran dan kemusyrikan pada diri mereka dengan kesucian dan keteraturan Islam sehingga mereka bertaubat.”

Di sisi lain, orang-orang yang bersedia tunduk pada syariat yang dibawa oleh Rasulullah maka mereka akan bertaubat kepada apa yang mereka lakukan sehingga diampuni dan dikasihi oleh Allah swt.

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا (64) فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (65)

“Dan tidaklah kami mengutus seorang rasul kecuali untuk ditaati dengan izin Allah meskipun mereka mendzalimi diri mereka sendiri mereka datang kepadamu. Maka memohon ampunlah kepada Allah dan Rasul pun memohon ampun kepada mereka maka niscaya Allah mereka akan menemukan Allah maha penerima taubah dan maha penyayang (64) Maka demi tuhanmu mereka tidak beriman hingga menjadikan engkau sebagai hakim terhadap berbagai persoalan yang terjadi diantara mereka kemudian mereka tidak menemukan rasa berar pada diri mereka terhadap apa yang engkau putuskan dan mereka menerimanya dengan lapang dada.” (QS. An-Nisa [4] : 64-65)

5. Agama yang rapuh dan keimanan yang lemah

Orang-orang yang tidak diatur dengan syariat maka iman mereka melemah berdasarkan kadar pelanggaran mereka terhadap hukum-hukum Islam. Sebaliknya mereka yang beriman dan taat akan mendapatkan kondisi sebaliknya, yakni keimanan yang kokoh. Keadaan tersebut merupakan sifat dari hukum Allah yang mampu memberikan cahaya, memperbaiki akhlak, memudahkan dalam beribadah serta meringankan beban pelakunya. Sebaliknya mereka yang ingkar akan hidup dalam kegelapan, kesulitan, serta dihiasi dengan perangai dan akhlak yang buruk. Allah swt berfirman:

يُرِيدُ اللَّهُ لِيُبَيِّنَ لَكُمْ وَيَهْدِيَكُمْ سُنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَيَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (26) وَاللَّهُ يُرِيدُ أَنْ يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَنْ تَمِيلُوا مَيْلًا عَظِيمًا (27) يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُخَفِّفَ عَنْكُمْ وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا (28)

“Allah befrmaksud menjelaskan kepada kalian dan memberikan petunjuk kepada kalian tentang sunnah orang-orang sebelum kalian dan memberikan ampun kepada kalian dan Allah maha mengetahui dan maha bijaksana. Allah menginginkan untuk memberikan taubat pada kalian smentara orang-orang yang mengikuti syahwatnya menginginkan agar kalian berpaling sejauh-jauhnya (dari kebenaran). Allah bermaksud meringankan atas kalian dan menciptakan manusia dalam keadaan lemah.” (QS. An-Nisa [4] : 26)

Menolak syariat sama dengan menolak untuk mendapatkan hidayah, taubat, ketenangan dan keimanan. Tidak ada ayat yang lebih tegas yang menjelaskan bahaya penolakan dari keimanan. Allah swt berfirman:

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (65)

“Maka demi tuhanmu mereka tidak beriman hingga menjadikan engkau sebagai hakim terhadap berbagai persoalan yang terjadi diantara mereka kemudian mereka tidak menemukan rasa berat pada diri mereka terhadap apa yang engkau putuskan dan mereka menerimanya dengan lapang dada.” (QS. An-Nisa [4] : 64-65)

Realitas ummat saat ini telah mengkonfirmasi hal tersebut. Ketika mereka tidak diatur oleh syariat maka keyakinan dan perilaku mereka menjadi buruk. Sebaliknya generasi muslim terdahulu yang tunduk pada syariat, aqidah dan perbuatannya pun kuat dan mulia. Dengan kata lain ketundukan pada al-Quran dan as-Sunnah menjadikan seseorang mulia dari sisi aqidah dan sekaligus perilaku.

6. Mencegah orang lain dari jalan Allah

Mencegah manusia dari jalan Allah merupakan salah satu dampak buruk dari berhukum kepada selain Allah. Di dalam Al-Quran terdapat hubungan yang sangat erat antara kedua hal tersebut. Al-Quran misalnya menggambarkan kaum musyrik Arab yang menolak mengikuti syariat Allah maka mereka pun terdorong untuk mencegah orang-orang untuk masuk Islam. Allah swt berfirman:

اشْتَرَوْا بِآَيَاتِ اللَّهِ ثَمَنًا قَلِيلًا فَصَدُّوا عَنْ سَبِيلِهِ إِنَّهُمْ سَاءَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (9)

“Mereka menjual ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit lalu mereka menhalangi (kalian) dari jalan Allah. Itu adalah seburuk-buruk apa yang mereka lakukan.”(QS. at-Taubah: 9)

Al-Quran juga telah mendeskripsikan ahlu kitab dengan dua kelompok yang saling bertolak belakang. Allah swt berfirman:

فَبِظُلْمٍ مِنَ الَّذِينَ هَادُوا حَرَّمْنَا عَلَيْهِمْ طَيِّبَاتٍ أُحِلَّتْ لَهُمْ وَبِصَدِّهِمْ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ كَثِيرًا (160) وَأَخْذِهِمُ الرِّبَا وَقَدْ نُهُوا عَنْهُ وَأَكْلِهِمْ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ مِنْهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا (161) لَكِنِ الرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ مِنْهُمْ وَالْمُؤْمِنُونَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَالْمُقِيمِينَ الصَّلَاةَ وَالْمُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالْمُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ أُولَئِكَ سَنُؤْتِيهِمْ أَجْرًا عَظِيمًا (162)

“Akibat kedzaliman orang-orang Yahudi maka kami haramkan atas mereka hal-hal yang baik yang sebelumnya dihalalkan atas mereka. (demikian pula) akibat mereka banyak menghalangi dari jalan Allah (160) dan mereka mengambil riba yang telah telah dilarang atas mereka; dan mereka memakan harta manusia dengan cara yang batil. Dan Kami siapkan bagi orang-orang kafir azab yang pedih (161) akan tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya dari mereka dan orang-orang beriman terhadap apa yang diturunkan Allah kepadamu dan yang diturunkan sebelum kalian, orang-orang yang melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan orang-orang beriman kepada Allah dan Hari Akhir. Mereka itulah yang akan mendapatkan pahala yang banyak.” (QS. An-Nisa [4] :160-162)

Ayat di atas menjelaskan bahwa para ahlu kitab yang saling memberikan suap kepada para penguasa maka mereka pun memakan riba dan memakan harta manusia dengan cara yang batil. Akibat dari semua itu mereka pun mendapatkan siksa yang pedih. Sementara itu golongan ahlu kitab yang beriman pada syariat mereka kemudian beriman kepada syariat yang haq yang menasakh syariat sebelumnya.

Hal tersebut juga dinyatakan dalam firman Allah swt:

الَّذِينَ كَفَرُوا وَصَدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ أَضَلَّ أَعْمَالَهُمْ (1) وَالَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَآَمَنُوا بِمَا نُزِّلَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَهُوَ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَأَصْلَحَ بَالَهُمْ (2) ذَلِكَ بِأَنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا اتَّبَعُوا الْبَاطِلَ وَأَنَّ الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّبَعُوا الْحَقَّ مِنْ رَبِّهِمْ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ لِلنَّاسِ أَمْثَالَهُمْ (3)

“Orang-orang kafir dan menghalangi dari jalan Allah maka Allah menyesatkan mereka dengan amal-amal mereka (1) dan orang-orang beriman dan beramal shaleh dan beriman terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad dan ia merupakan kebenaran dari tuhan mereka. Allah meghapus kesalahan-kesalahan mereka dan memperbaiki keadaan mereka.” (QS.Muhammad [49] : 1-3)

Golongan pertama yang mengikuti setan dan berbagai kebatilannya maka mereka menjadi kafir dan menghalangi orang lain dari jalan Allah. Sementara golongan yang mengikuti kebenaran maka dosa mereka dihapus dan dielokkan perbuatannya.

وَنَادَى أَصْحَابُ الْجَنَّةِ أَصْحَابَ النَّارِ أَنْ قَدْ وَجَدْنَا مَا وَعَدَنَا رَبُّنَا حَقًّا فَهَلْ وَجَدْتُمْ مَا وَعَدَ رَبُّكُمْ حَقًّا قَالُوا نَعَمْ فَأَذَّنَ مُؤَذِّنٌ بَيْنَهُمْ أَنْ لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الظَّالِمِينَ (44) الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَيَبْغُونَهَا عِوَجًا وَهُمْ بِالْآَخِرَةِ كَافِرُونَ (45)

“Penghuni surga menyeru penghuni neraka: “Kami telah telah mendapatkan apa yang dijanjikan Allah kepada dengan sebenarnya. Apakah kalian mendapatkan apa yang telah dijanjikan Allah kepada kalian dengan sebenarnya?” Mereka berkata:” Betul.” Maka penyeru menyatakan bahwa laknat Allah atas orang-orang yang dzalim.”(QS. Al-A’raf [7]: 44-49)

Menyimpang dari syariat Allah dan menghalangi manusia dari jalan Allah merupakan perbuatan keji sehingga pelakunya berhak menerima laknat dan tercegah dari rahmat Allah. Allah swt berfirman:

أَنْ لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الظَّالِمِينَ (44) الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَيَبْغُونَهَا عِوَجًا وَهُمْ بِالْآَخِرَةِ كَافِرُونَ

(45)

“Sesungguhnya Allah melaknat orang-orang dzalim (44) yaitu orang-orang yang mencegah (manusia) dari jalan Allah dan berupaya melakukan penyimpangan dan ingkar terhadap Hari Akhir.” (QS. Al-’Araf: 44-45)

Sebagaimana diketahui, para penguasa yang berhukum pada selain yang diturunkan Allah merupakan pucuk pelaku kedzaliman. Ini karena mereka mencegah manusia untuk melaksanakan agama mereka, hidup berpoya-poya dan lupa akhirat. Di saat mereka diperintahkan untuk menyebarkan agama mereka dan diberi amanah untuk menjaga syariat, mereka malah mengabaikan syariat, merintangi dakwah, bahkan menimpakan sanksi yang kejam bagi para penyerunya. Sangat wajar jika mereka mendapatkan laknat karena merekalah yang bertanggung jawab terabaikannya syariat yang sebelumnya berdiri kokoh.[Muhammad Ishak – Lajnah Tsaqafiyyah Hizbut Tahrir Indonesia, hizbut-tahrir.or.id]
Diberdayakan oleh Blogger.